Cara Terbaik Mengganti Template Agar Visitor Tidak Turun

Posted on

Pada dasarnya mengganti template blog memang tidaklah sulit, namun bukan rahasia lagi jika kita mengganti template resikonya adalah visitor dan rangking blog akan turun. Mengapa demikian, karena katanya Robot Google akan asing melihat tampilan blog kita dan mulai merayapi ulang struktur data yang baru.

CaraTerbaikMenggantiTemplateAgarVisitorTidakTurun Cara Terbaik Mengganti Template Agar Visitor Tidak Turun
Namun dari pengalaman saya sendiri, ada cara terbaik mengganti template agar visitor tidak turun dan itu terbukti work. Bagaimanakah caranya, berikut penjelasan yang dapat anda baca.

Cara Terbaik Mengganti Template Agar Visitor Tidak Turun


1. Mencari Template SEO Friendly

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencari template SEO Friendly dan Responsive, usahakan template yang baru lebih baik dari template yang lawas. Anda harus memeriksa template tersebut dari mulai Meta Tag, Tag Heading, Kecepatan Loading, dan sebagainya.


2. Menyimpan Kode Verifikasi Google, Bing, Alexa dan Google Analytic

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger saat mengganti template adalah lupa menyimpan kode-kode penting, yang akhirnya memaksa mereka melakukan verifikasi ulang. Maka dari itu, sebelum anda mulai mengganti template silahkan copy kode verifikasi Google, Bing, Alexa dan Google Analytic pada Notepad. 

3. Mengganti Template Di Tengah Malam

Anda harus tahu kapan pengujung blog anda terlihat sepi. Misalkan visitor anda kebanyakan dari Indonesia, maka tengah malam adalah waktu yang tepat. Namun jika visitor anda berasal dari luar negeri, silahkan hitung waktu tengah malam dinegara terkait.

4. Menggunakan Metode Dua Tab (Bukan Upload)

Memang, blogger sudah memberikan feature sendiri dalam mengganti template yaitu dengan cara menguploadnya menggunakan file.xml . Namun anda harus tahu, ada cara yang lebih aman dan tidak terlalu berpengaruh kepada visitor/rangking blog dalam mengganti template, yaitu dengan metode dua tab/copy-paste html.
  • Langkah pertama adalah buatlah blog baru, misalkan beri nama blog ABCD.
  • Upload template baru yang akan dipasang ke blog ABCD.
  • Edit template tersebut, dari mulai menu-navigasi, media sosial, halaman About sampai dengan link URL halaman, label dan sebagainya. Anggap saja anda sedang mengedit template baru pada blog utama.
  • Copy paste semua verifikasi Google, Bing, Alexa, dan Google Analytic blog utama pada template tersebut.
  • Jika sudah selesai, silahkan buka blog utama pada tab browser baru.
  • Nah langkah selanjutnya adalah copy (CTRL+A) kode HTML blog ABCD dan pastekan ke edit HTML blog utama, lalu save.
  • Jangan lupa, usahakan melakukannya ditengah malam saat pengujung sepi.
  • Belum selesai disini, ganti template ABCD dengan template lainnya. Selesai..
Begitulah cara saya dalam mengganti template, saya sendiri kurang begitu mengerti mengapa dengan cara tersebut visitor dan rangking blog tidak turun, malah terkadang visitor dan pageview naik ke esokan harinya dan kembali stabil beberapa hari kemudian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Terbaik Mengganti Template Agar Visitor Tidak Turun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *